Publikasi JGFI vol 2 tahun I no 002


ISSN  2477-5878

JURNAL GURU FISIKA INDONESIA

SK no. 005.24775878/JI.3.1/SK.ISSN/2015.12

11 Desember 2015

Vol.2, No.2April 2016-November 2016

 

Pelindung

Kepala Dinas Pendidikandan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat

Dekan Fakultas FMIPA Universitas Negeri Padang

Ketua Jurusan Fisika UNP

 

Penanggung Jawab

Ketua MGMP Fisika Provinsi Sumbar

 

PimpinanRedaksi/Pengelola

ArnelHendri, S.Pd.,M.Si.

 

Wakil PimpinanRedaksi

HendraArinal, S.Pd.,M.Si.

Martin,M.Pd.

 

Mitra Bestari/ PenyuntingAhli

Dr. Yulikifli, M.Si

Yohandri.M.Si, Ph.D

Dr.Ahmad Fauzi, M.Si

Drs.Asrizal, M.Si

Dra.Yenni Dervina, M.Si

 

Penyunting Pelaksana

Dra.Murtiani Kari, M.Pd

Dra.Hidayati, MS

Drs.Erizal, M.Si

Gema Eferko Putri, S.Pd.

Nursyamsi, SP.,S.Pd.

 

Anggota

Seluruh anggota MGMP Fisika Provinsi Sumatera Barat

 

Alamat Pimpinan Redaksi/Pengelola

Jl. DR. M. Hatta No.5 RT 03 RW 02 Kelurahan Pasar Ambacang

Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji 25152

Handphone/WA : 085272437981

Email :arnelh71@gmail.com

 

 

Penerbit

Forum MGMP Fisika Provinsi Sumatera Barat

PENGANTAR REDAKSI

 

Puji dan syukur kita ucapkan kepada Allah SWT karena dengan berkat rahmat dan karuniaNya, jurnal Berkala Ilmiah bidang Fisika dengan nama “Jurnal Guru Fisika Indonesia” telah terbit untuk Volume 2 Tahun I April 2016. Jurnal berkala ini merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Provinsi Sumatera Barat. Penerbitan dilakukan dua kali per tahun yaitu pada bulan November  dan April.

Jurnal Guru Fisika Indonesia suatu wadah bagi guru fisika Indonesia, terutama wadah bagi guru fisika sumatera barat yang tergabung dalam MGMP Fisika sumatera barat dan para peneliti bidang fisika untuk meningkatkan kemampuan menulis dan mempublikasikan artikel-artikel ilmiah. Jurnal ilmiah ini memuat tulisan tentang fisika dan pendidikanfisika baik berupa hasil penelitian, artikel ulas balik, dan laporan kasus.

Pada volume ini dimuat 13artikel berupa hasil penelitian dan kajian pustaka.Sebagai penulis utama artikel pada volume ini adalah Nurhuda Arif, Yanty Sovina, ZulAzhari,Aspar,Refriza,Yunida Herawati,Mitrawati, ArnelHendri,RizkiDonhery, Silvia Meilaty, Elfinawati,Bakhiar, Sri Indrawati Prihatin Ningsih.

.Pada umumnya penulis artikel pada Jurnal Guru Fisika Indonesia berasaldari MGMP Fisika sumatera barat, namun ada juga berasal dari provinsi jambi dan sumatera selatan. Dalam upaya meningkatkan kualitas dari jurnal ini, kami sebagai pengurus terus berusaha mengundang parapenulis fisika dari berbagai daerah di Indonesia melalui media sosial (medsos) untuk ikut berpartisifasi mengisi artikel dalam jurna lini. Ada beberapa media sosial yang digunakan,  seperti melaluifacebook, twitter, whatsapp, line, blogger, wordpress, google +, instagram dan lain-lain. Karena itu keterlibatan penulis daripara guru fisika dari provinsi lain diperlukan untuk membuat jurnal ini lebih baik.

Mudah-mudahan Jurnal Guru Fisika Indonesia dapat memberikan wawasan baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian di bidang fisika dan penerapan ilmu fisika dalam IPTEK di Indonesia.Dengan demikian, jurnal ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan fisika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari melalui publikasi ilmiah.

 

 

Salam Redaksi

April 2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JURNAL GURU FISIKA INDONESIA

BerkalaIlmiahBidangFisika

Vol 2, No.2TahunI  April 2016-November 2016

 

 

PENINGKATKATAN ASPEK KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN MODUL BERWAWASAN ISLAMI PADA SISWAKELAS XI IPA

SMA NEGERI 2 RAMBATAN

Nurhuda Arif………………………………………………………………………………………………………………. 1

 

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKOLAHPADA  KELAS X3 SMA NEGERI 1 BUKITTINGGI

Yanty Sovina……………………………………………………………………………………………………………….. 7

 

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PERCOBAAN BANDUL FISIS BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DAN MODUL PRAKTIKUMPADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

ZulAzhari…………………………………………………………………………………………………………………… 11

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 SUNGAI LIMAU

Aspar………………………………………………………………………………………………………………………… 17

 

ROKET AIR SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR GERAK PARABOLA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI IPA

Refriza……………………………………………………………………………………………………………………… 23

 

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANALISIS TUGAS SEBAGAI TAHAP DEFINE DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI TEKNOLOGI DIGITAL

Yunida Herawati…………………………………………………………………………………………………………. 27

 

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA MAS CAGA SURYA KASI KACA POS ( LIMAS TENAGA SURYA APLIKASI EFFEK RUMAH KACA DAN PENGOMPOSAN

Mitrawati…………………………………………………………………………………………………………………… 31

 

EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ON LINE/E-LEARNING DAN KOLABORASI  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDI SMAN 10 PADANG

Arnel Hendri……………………………………………………………………………………………………………… 39

 

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII IPA     SMAN 1 SUMATERA BARAT PADA MATAPELAJARAN FISIKA

RizkiDonhery……………………………………………………………………………………………………………. 45

 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA

MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA 5

DI SMA NEGERI 2 BUKITTINGGI

Silvia Meilaty…………………………………………………………………………………………………………….. 51

 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS XII IPA 1  TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Elfinawati…………………………………………………………………………………………………………………. 57

 

PENGGUNAAN  METODE TUTOR SEBAYADAN KOLABORASI DENGAN MATA PELAJARAN FISIKA  DALAM MENINGKATKAN KREATIFITASPESERTA DIDIK DALAM MENDESAIN SEBUAH  PRESENTASI

Bakhiar……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… 63

 

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR  DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAIPENGALAMAN DI ALAM PADA KELAS X IPA- 5 SMAN 7 PADANG

Sri Indrawati Prihatin Ningsih………………………………………………………………………………………. 69

 

PANDUAN PENULISAN

 

 

 

  1. Jurnal Guru Fisika Indonesia (JGFI) diterbitkan oleh MGMP Fisika Provinsi Sumatera Barat dan memuat naskah ilmiah dalam bidang Fisika. Naskah dapat berupa hasil penelitian, artikel ulas balik (review) dan laporan kasus. Naskah belum pernah dipublikasikan dengan abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia dan isi dalam bahasa Indonesia.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa baku ilmiah dengan jumlah 5-10 halaman dengan ukuran A4, diketik satu spasi dengan tampilan dua kolom menggunakan microsoft office word jenis huruf Times New Roman ukuran huruf 10 dengan margin kiri 3 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm. Judul Naskah, diketik diketik satu spasi dengan ukuran 11.
  3. Tatacara penulisan naskah hasil penelitian disusun menurut urutan sebagai berikut : Judul, Identitas Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
    1. Judul : Singkat dan Jelas (tidak boleh lebih dari 20 kata), ditulis dalam huruf besar.
    2. Identitas Penulis : Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Bila Penulis lebih dari seorang dengan alamat instansi yang berbeda, maka di belakang setiap nama diberi indeks *), Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup laboratorium, lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telpon/faxsimile dan e-mail. Indeks tambahan diberikan pada penulis yang dapat diajak berkorespondensi (corresponding autor).
    3. Abstrak : ditulis dalam bahasa nggris maksimal 150 kata dengan tampilan satu kolom dan dilengkapi kata kunci(key words) yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak memuat pentingnya penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian dalam satu kesatuan.
    4. Pendahuluan : memuat tentang ruang lingkup, latar belakang tujuan, dan manfaat penelitian. Bagian ini hendaknya memberikan latar belakang agar pembaca dapat memahami dan menilai hasil penelitian tanpa membaca laporan-laporan sebelumnya yang berkait dengan topik. Manfaat pustaka yang dapat mendukung pembahasan.
    5. Metode Penelitian : diuraikan secara terperinci dan jelas mengenai bhan yang digunakan dan cara kerja yang dilaksanakan, termasuk metode statistika. Cara kerja yang disampaikan hendaknya memuat informasi yang memadai sehingga memungkinkan penelitian tersebut dapat diulang dengan berhasil.
    6. Hasil dan Pembahasan : disajikan secara bersama dan membahas dengan jelas hasil penelitian. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tertulis di dalam naskah, tabel, atau gambar. Kurangi penggunaan grafik karena hal tersebut dapat dijelaskan dalam naskah. Batasi pemakaian foto, sajikan foto yang jelas menggambarkan hasil yang diperoleh. Gambar dan tabel harus diberi nomor dan dikutip dalam naskah. Pembahasan yang disajikan hendaknya memuat tafsir atas hasil yang diperoleh dan bahasan yang berkaitan dengan laporan-laporan sebelumnya. Akan lebih baik jika rujukan yang digunakan merujuk ke jurnal yang telah diterbitkan. Hindari mengulang pernyataan yang telah disampaikan pada metode, hasil dan informasi lain yang telah disajikan pada pendahuluan.
    7. Kesimpulan : disajikan secara terpisah dari hasil dan pembahasan.
    8. Daftar Pustaka : disusun secara alphabetis terdiri dari nama pengarang, tahun terbit, judul referensi, keterangan seperti edisi, tempat, penerbit, dan alamat situs. Referensi yang dicantumkan pada daftar pustaka sesuai dengan referensi yang dikutip pada pendahuluan.

 

Contoh penulisan daftar pustaka.

Astawan, M. (2008). Gaya Hidup Sehat. (http://www.kompas.com. Diakses tanggal 17 September 2013).

 

Boas, Mary L. (2006). Mathematical Methods In The Phisical Sciences. Third Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.

Clark, J. M. and Switzer, R. L. (1977). Experimental Biochemistry. 2nd edition. San fransisco: WH Freman and Company.

 

Chappel, James & Osler, Thomas. J. (1999). The Trinomial Triangle. The College Mathematics Journal (online), Volume 30, No. 2 (http://www.proquest.com. Diakses 20 November 2006).

 

Halliday, David & Resnick, Robert. (2014). Fundamentals of Physics. 10th edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.

 

Tanudjaja, Harlianto. (2007). Pengolahan Signal Digital dan Sistem Pemrosesan Sinyal. Yogyakarta: Andi Offset.

 

  1. Tulisan dalam artikel baik berupa narasi, persamaan, tabel, dan gambar baik yang ditulis maupun hasil scanner harus jelas dan rapi.
  2. Naskah hasil kajian pustaka seperti artikel ulas balik (review) dan laporan kasus ditulis dengan sistematika berikut ini : judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka.
  3. Pengiriman naskah dapat dilakukan setiap saat dalam bentuk cetakan (print out) sebanyak 3 eksemplar dan soft copy (dalam bentuk CD)

ALAMAT REDAKSI

 

Alamat Pimpinan Redaksi/Pengelola

Jl. DR. M. Hatta No.5 RT 03 RW 02 Kelurahan Pasar Ambacang

Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji 25152

 

Handphone/WA : 085272437981

Email : arnelh71@gmail.com

 

 

 

 

 JGFI vol 2 tahun I no 002

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s